Minggu, 25 Agustus 2013

Virus mematikan MERS diduga menular lewat unta


Virus mematikan MERS diduga menular lewat unta

MERS atau Middle East Respiratory Virus adalah salah satu virus mematikan dengan gejala mirip SARS. Virus ini telah membunuh 46 orang di seluruh dunia. Sebuah penelitian mengungkap bahwa unta bisa jadi menjadi penyebar virus MERS pada manusia.
Virus MERS bisa jadi menular lewat unta ketika manusia menggunakannya untuk transportasi atau meminum daging dan susu unta berpunuk satu. Ilmuwan menjelaskan bahwa mereka telah menemukan bukti kuat mengenai unta sebagai hewan yang menyebarkan virus MERS pada manusia.
"Bukti terbaru mengungkap bahwa unta bisa jadi salah satu penyebar MERS. Terdapat beberapa jenis kontak yang dilakukan manusia dan unta yang bisa menularkan virus," ungkap Hantal Reusken dari National Institute for Public Health, seperti dilansir oleh NY Daily News (09/08).
Para ahli yang terlibat dalam penelitian ini menganggap penemuan tersebut merupakan langkah besar untuk mengungkap misteri virus MERS dan dalam usaha untuk mengatasinya. Meski begitu, pihak WHO masih belum yakin dengan hasil penemuan ini. Masih ada pasien yang terkena virus MERS tanpa melakukan kontak dengan manusia yang sudah terkena MERS dan tidak melakukan kontak dengan unta.
"Hal ini memberikan beberapa petunjuk, namun kita masih tak tahu penyebab dan asal virus tersebut. Kita juga masih belum mengetahui bagaimana manusia bisa terinfeksi," ungkap juru bicara WHO, Tarik Jasarevic.
Hingga saat ini korban MERS telah berjatuhan di beberapa negara TImur Tengah seperti Arab Saudi, Qatar, Tunisia, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara Eropa seperti Inggris, Prancis, dan Italia. MERS bahkan sempat dikhawatirkan akan menghambat proses ibadah haji Oktober mendatang.


















- Sumber : Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar