Selasa, 09 Juli 2013

Makanan Untuk Otak Anda



Perhatikan beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini. Katanya, makanan ini dipercaya dapat mempertajam fokus dan konsentrasi, meningkatkan memori, rentang perhatian, dan fungsi otak Anda. Benarkah?
Tidak ada yang menyangkal bahwa usia memengaruhi daya ingat seseorang. Namun hal itu bisa tidak Anda alami jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman "pintar" pada pola diet sehat Anda.


Kafein Bikin Lebih Waspada
Tidak ada makanan yang bisa meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih pintar. Namun, ada zat tertentu, seperti kafein, yang bisa memberikan energi dan membantu Anda fokus dan berkonsentrasi.
Kafein  bisa Anda temukan pada kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat-obatan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, kafein justru dapat membuat Anda gelisah dan tidak nyaman.


Gula T ingkatkan Kewaspadaan
Gula adalah sumber bahan bakar otak. Tapi bukan gula meja, ya , melainkan glukosa hasil metabolisme dari gula alami dan karbohidrat yang Anda konsumsi. Itulah mengapa setelah meminum sesuatu yang manis Anda merasakan “dorongan” jangka pendek dalam hal memori, proses berpikir, dan kemampuan mental.


Sarapan Bahan Bakar Otak
Studi menemukan bahwa sarapan dapat meningkatkan memori jangka pendek dan tingkat perhatian. Siswa yang sarapan cenderung belajar lebih baik daripada yang tidak.
Makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak ialah biji-bijian yang tinggi serat utuh, susu, dan buah-buahan. Namun jangan berlebihan dan mengandung kalori tinggi agar tidak menghambat konsentrasi.


Ikan Si Makanan Otak
Sumber protein terbesar yang dapat meningkatkan fungsi dan perkembangan otak adalah ikan (yang kaya asam lemak omega 3). Lemak sehat ini memiliki kekuatan otak yang luar biasa dan terbukti dapat mengatasi demensia dan mengurangi risiko stroke, penurunan mental juga lebih lambat, dan berperan penting dalam meningkatkan memori, terutama saat bertambah tua.
Untuk kesehatan otak dan jantung, makanlah dua porsi ikan setiap minggu.


Tambahkan Dosis H arian Kacang dan Cokelat
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari antioksidan dan mengandung vitamin E, yang berhubungan dengan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Dark chocolatejuga memiliki sifat antioksidan kuat dan mengandung stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.
Nikmati satu ons kacang dan dark chocolate setiap hari untuk memberikan semua manfaat yang Anda butuhkan tanpa kelebihan kalori, lemak, atau gula.


Tambahkan Alpukat dan Whole Grains
Setiap organ dalam tubuh bergantung pada aliran darah, terutama jantung dan otak. Makan makanan seperti biji-bijian dan buah-buahan (alpukat) dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga mengurangi risiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah.
Seluruh biji-bijian, seperti popcorn dan gandum, juga mengandung serat dan vitamin E. Meskipun alpukat memiliki lemak, tapi lemaknya merupakan lemak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan dan berkontribusi untuk aliran darah yang sehat.


Blueberry Bergizi
Penelitian pada hewan menunjukkan, blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek dari kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Studi lain juga menunjukkan bahwa diet yang kaya blueberry secara signifikan meningkatkan kemampuan belajar dan fungsi otot tikus yang mengalami penuaan (secara mental setara dengan tikus yang jauh lebih muda).


Lakukan Diet Sehat
Ini mungkin terdengar klise, tapi itu benar. Jika diet Anda tidak memenuhi nutrisi penting, maka kemampuan konsentrasi Anda akan menurun. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat mengganggu kemampuan untuk fokus. Makanan berat dapat membuat Anda merasa lesu, sementara terlalu sedikit kalori dapat mengakibatkan mengganggu rasa lapar.
Jadi, upayakan untuk selalu melakukan diet seimbang dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat.


Vitamin, Mineral, atau Suplemen?
Banyak suplemen yang mengklaim produknya lebih mampu meningkatkan kesehatan. Meskipun banyak laporan mengenai suplemen (seperti vitamin B, C, E, beta-karoten, dan magnesium yang meningkatkan kemampuan otak), makanan tambahan itu hanya berfungsi baik jika Anda juga menjalankan pola makan yang sehat.

Untuk mengetahui suplemen apa yang tepat bagi Anda, sebelumnya cek kesehatan Anda dan konsultasikan dengan dokter.

Ingin daya konsentrasi meningkat? Mulailah dengan mengkonsumsi jus 100 persen buah, bagel gandum dengan salmon, dan secangkir kopi.
Selain makan makanan yang seimbang, para ahli juga menyarankan:
-      Dapatkan tidur malam yang baik.
-      Tetap terhidrasi.
-      Latihan untuk membantu mempertajam pemikiran.
-      Meditasi untuk berpikir jernih dan rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar